Rabu, 03 Desember 2014

Churros



Churros adalah kue khas Spanyol. Biasa juga disebut Spanish doughnut. Adonannya mirip adonan sus, tapi bukan dipanggang melainkan digoreng. Di negara asalnya, churros sering disantap sebagai menu sarapan.Aslinya, churros dinikmati dengan cara mencelupkan ke dalam secangkir hot chocolate. 

Cara membuat churros sama seperti saat  membuat kue sus, yang membedakan hanyalah adonan churros tidak dipanggang melainkan di goreng seperti  donat. Aslinya saat adonan telah jadi dan siap kita cetak, adonan bisa langsung disemprotkan ke dalam minyak panas, tapi  ini membuat bentuk churros menjadi tidak beraturan. Agar menghasilkan bentuk churros yang tetap menarik, adonan di semprotkan terlebih dahulu di loyang kemudian dibekukan. Setelah membeku adonan kita lepaskan dan langsung digoreng, karena dalam keadaan beku bentuk akan tetap saat digoreng. Churros sedap disantap dengan taburan gula pasir dan kucuran coklat leleh, karena dirumah bukan penggemar coklat maka cukup di taburi dengan gula donat. (harusnya pakek kayu manis bubuk juga ok sayang stock dirumah lagi kosong)

Resep churros ini aku dapat dari blognya mbak endang "just try & taste. Terima kasih mbak resep - resepnya menginspirasi. berikut aku tuliskan



Churros
sumber Just try & taste

Bahan:
250 ml Air 
113 g Mentega/margarine
180 g Tepung terigu protein tinggi, bisa juga menggunakan tepung serba guna
1/2 sdt  Garam
4 butir Telur

Topping 
Gula bubuk
Susu kental manis coklat atau coklat leleh (aku tidak pakek)

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang datar yang biasa anda gunakan untuk memanggang kue kering. Taburi permukaannya dengan sedikit tepung, ratakan. Sisihkan. 
  2. Siapkan plastik segitiga (pipping bag) dan spuit kue bentuk bintang dengan ukuran besar, masukkan spuit ke dalam plastik. Sisihkan. Jika tidak punya spluit bisa langsung dipotong saja ujung plastik untuk mencetak
  3. Ayak tepung terigu yang akan anda gunakan.
  4. Siapkan panci, masukkan air, mentega dan garam, masak hingga mendidih kemudian kecilkan api hingga hanya muncul letupan dan gelembung kecil dan masak sambil diaduk hingga mentega larut. Matikan api kompor.
  5. Masukkan tepung dan aduk dengan spatula dengan cepat hingga adonan menggumpal. Hidupkan kompor, set dengan api kecil, aduk terus adonan hingga terbentuk gumpalan yang smooth dan kalis, tandanya adonan tidak menempel di dasar panci.
  6. Tuangkan adonan ke mangkuk mikser, kocok dengan kecepatan rendah untuk membuang semua uap air yang terperangkap di dalam adonan. Anda juga bisa melakukannya secara manual dengan menggunakan spatula, aduk dengan cepat hingga uap air hilang.
  7. Masukkan ujung jari anda ke adonan, jika adonan terasa nyaman di jari artinya tidak panas lagi, masukkan satu per satu telur ke dalam adonan. Jika adonan terlalu panas maka telur akan menggumpal dan matang.  
  8. Terus kocok dengan kecepatan rendah hingga adonan terlihat halus. Adonan yang terbentuk sangat lengket.
  9. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah kita siapkan
  10. Semprotkan adonan ke loyang yang telah ditaburi dengan tepung. (bentuknya bisa terserah sesuai kreativitas)
  11. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam freezer, bekukan adonan selama 2 jam. Sebenarnya adonan bisa langsung anda semprotkan ke wajan berisi minyak panas dan langsung digoreng, hanya saja biasanya bentuknya menjadi kurang cantik, dengan membekukannya sebentar di freezer membuat churros menjadi keras dan kala digoreng tetap mempertahankan bentuknya. Lepaskan churros dari loyang dengan cara mencongkel salah satu ujung/sisinya dengan pisau.  
  12. Siapkan wajan anti lengket, isi dengan minyak agak banyak dan panaskan. Pastikan minyak benar-benar panas. Goreng churros dengan api sedang hingga coklat keemasan. 
  13. Angkat dan sajikan dengan taburan gula bubuk atau coklat leleh

Churros ini mempunyai tekstur garing diluar dan lembut didalam. Karena churros ini mempunyai rasa yang gurih maka enak jika ditopping dengan sesuatu yang manis. Snack ini memang sangat ringan jadinya tidak teras sambil baca - baca satu  piring tidak terasa amblas, untuk masih menyisakan sedikit untuk difoto
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar