Selasa, 09 September 2014

Donat Kentang Cheese Melt




Waktu lagi chattingan sama suami, suami ngirimi foto dari OS yang jual makanan beku. Nama makannya Donken Minis Cheese Melt. Suami minta dibuatkan seperti itu. Sepertinya itu donat kentang yang diisi dengan keju dimana kejunya itu melted. Tapi sepertinya aku merasa pernah liat foto itu disalah satu food blogger. Karena penasaran akhirnya aku googling dengan menggunakan keyword donat cheese melted. Dan memang benar foto itu diambil dari blognya mbak endang just taste n try (fotonya pleg sama cuman dihapus watermarknya), tapi diblog mbak endang itu bola - bola ubi dengan isian keju quick melt.
Berbekal itu akhirnya aku buat buat suami tercinta dengan resep donat kentang yang digabung dengan donat metode tang zhong dan  hanya dibentuk bulat - bulat dan diisi keju kraft quick melt. Resep donat ini aku copas dari ibu Nani Saptina di group FB DSI. Dengan otak - atik jadi dech.  Bener aja donat dengan metode gabungan ini hasilnya tahan 3 hari tetep empuk setelah dingin disimpen di kotak tupperware

Resep Donat Kentang Cheese Melt


Bahan Tang Zhong
25 g Tepung terigu protein tinggi
150 ml Air
* Masak bahan sampai menjadi bubur cair putih dan berjejak tapi tidak sampai menjadi sangat kental dan berjejak. ngaduknya lebih mudah jika menggunakan whisker.
  
Bahan Donat :
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan
100 gr gula pasir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin (digunakan jika dirasa adonan kurang lembab, tapi aku tidak terpakai karena adonan sudah cukup lembab)



Isian
90 g Keju kraft Quick Melt potong dadu


Cara Membuat
Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata. 
Masukkan kentang halus dan kuning telur, bahan tang zhongnya. Uleni hingga rata dan setengah kalis. Jika masih dirasa kurang lembab tambahkan air sedikit demi sedikit.
Beri mentega dan garam,uleni terus hingga kalis.
Istirahatkan adonan selama kurang lebih 15 menit atau hingga mengembang 2X lipat
Kempiskan adonan timbang adonan kira - kira 20g lalu beri isian keju quick melt dan bulatkan. dan istirahatkan 10 menit
Goleng dengan api sedang cederung kecil sampai matang kemudian angkat dan taburi dengan gula donat


Catatan :
Donat ini bisa tahan 3 hari tapi jangan disimpan di udara terbuka. Simpan di wadah kedap udara. Donatnya masih empuk tapi memang kalau sudah dingin kejunya tidak lumer lagi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar