Selasa, 27 Januari 2015

Kering Kentang Mustafa


Sebenarnya kering kentang mustafa ini adalah kering kentang biasa, hanya bedanya untuk kering kentang mustafa ini kentangnya dipotong kecil - kecil tipis seperti korek api. Karena kentang diiris kecil - kecil seperti korek api dan buka lebar - lebar maka rasanya lebih renyak dan enak karena bumbunya bisa merata.
Untuk menghasilkan kentang yang nanti digoreng agar tetap renyak kuncinya ada pada pencucian kentang setelah dipotong kecil - kecil (kebetulan aku serut pakai serutan yang biasa buat rujak serut). Untuk pencuciannya harus sampai bersih, hal ini dapat dilihat dengan nantinya air cuciannya itu bening.  Kalau masih keruh harus dibilas lagi hingga airnya bening. Atau bisa juga dengan merendamnya dengan air kapur sirih. Begitu juga pada saat menggorengnya minyaknya harus dalam keadaan benar - benar panas.
Untuk resepnya aku pakai resep kering kentang sederhana saja. Intinya hanya bawang putih dan cabai merah besar


Resep Kering Kentang Mustafa
ala Dapur Kaylia

Bahan:

500 g Kentang. Kupas dan serut setelah itu cuci bersih dengan air mengalir hingga air cucian bening. Lalu goreng dengan minyak panas hingga kering

Bumbu

8 buah Cabai merah besar buang bijinya
5 siung Bawang putih
50 g Gula pasir
5 lbr daun jeruk
Garam
1 sdm Air asam jawa
2 sdm Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang putih dan cabai merah hingga bener - benar halus
  2. Tumis bumbu hingga harum, kemudian masukkan air asam jawa, daun jeruk dan gula pasir
  3. Bumbui dengan garam. Kemudian rasakan 
  4. Masak hingga berambut
  5. Setelah berambut masukkan kentang yang telah digoreng dan aduk rata secara cepat agar bagian bawah tidak gosong, bila perlu matikan api kompor
  6. Sajikan

Anak - anak dan ayahnya suka banget. Enak katanya. walaupun bumbunya simple tapi karena berpadu dengan kentangnya yang tipis - tipis dan kecil jadinya rasanya tidak simpel lagi tapi TOP. Sampai - sampai hanya tersisa sedikit aja untuk bisa dibuat fotonya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar