Jumat, 06 Februari 2015

Molen Pisang Goreng


Kemarin waktu buat molen pisang yang buat tantangan KBB kakak tidak menyentuh sama sekali. Kasihan juga ya. Akhirnya sisa pisang yang ada dibuatlah molen tapi versi goreg yang kayak dijual abang - abang. Tapi karena tidk telaten untuk ukuran pisang yang kecil kayak abang - abang itu maka ukuran pisangnya di gedhein. Untuk satu pisang raja dipotong menjadi 4.
Untuk resepnya aku ambil dari blognya mbak diah didi. Hasilnya enak banget, kriyuk dan gurih. Kakak akhirnya menikmati juga molen pisang tapi dengan versi goreng ya nak. Ibunya juga lega karena pisangnya akhirnya tuntas habis semua. Berikut resepnya

Pisang Molen Renyah
Sumber Diah Didi's Kitchen

Bahan

250 g Tepung terigu protein tinggi
50 g Gula Halus
60 g  Mentega,  cairkan  (bisa juga pakek margarin)
50 ml Air hangat
1 btr Kuning telur
!/4 sdt garam
1 sdt Vanili
Pisang raja secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campur tepung, gula dan garam aduk hingga rata. Masukkkan kuning telur dan mentega, tuang air sedikit demi sedikitdan uleni adonan hingga kalis. Tutup adonan dengan menggunakan plastik/serbet bersih, diamkan ± 20 menit
  2. Ambil adonan secukupnya, giling hingga tebalnya ± 2 mm. lebar ± 3-4 cm dan panjang kira - kira 30 cm. (aku giling pakek gilingan mie hingga no 5 dan aku potong lebar ± 2 cm dan aku biarkan panjang dan aku lilitkan ke pisang hingga menutupi pisang dan aku potong)
  3. Gulung adonan pada pisang, lakukan hingga adonan habis
  4. Goreng dalam minyak panas. Usahakan semua tercelup. Setelah kuning balik, angkat dan tiriskan
  5. Sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar