Kamis, 03 September 2015

Soesmaker KBB#48




Kali ini KBB berulang tahun ke 8. Dan Alhamdulillah aku sudah ikut diklub ini setahun. Untuk keikut sertaan aku sempat absen sekali waktu tantangan yang ke 47. Untuk edisi ulang tahun ini tidak boleh absen lagi ya.
Bulan ini tantangan yang diberikan adalah soesmaker. Ini merupakan resep jadoel. Konon resep ini merupakan catatan favorit perkumpulan ibu - ibu PKK, Dharma Wanita, Bhayangkari dll.
Soesmaker ini merupakan adonan cake yang diisi dengan isian rogout. Kenapa dinamakan soesmaker itu yang aku tidak tahu. Mencoba mencari tahu tapi hasilnya masih nihil,
Untuk mencetaknya bisa menggunakan cetakan muffin tapi karena aku tidak punya aku masukkan dalam cup kertas aja, disamping simple karena tidak perlu mengoles - oles cetakan dengan margarin dan tepung juga mengirit cucian cetakan.
Dalam pembuatan tidak ada kendla yang berarti, hanya kendalanya sifat malas. Dan ternyata kue ini kesukaan kakak. Sempet dibawa ke sekolah dan dikasihkan ke guru kelasnya. Tanggapan bu gurunya suka dan kapan - kapan kalau bikin lagi mau dong dibawain lagi.

Resep Soesmaker
Sumber Sajian Sedap

Bahan isi:
1 siung Bawang Putih
2 sdm Tepung terigu protein sedang
150 ml Air kaldu ayam
50 g Ayam suwir
5 batang Buncis iris halus, direbus
30 g Wortel, dipotong dadu, direbus
1/4 sdt Garam
1/8 sdt Merica bubuk
1/4 sdt Pala bubuk
1/4 sdt Gula pasir
1sdt Seledri, dicincang halus
1 sdm Margarin untuk menumis

Bahan Cake
5 buah Kuning telur
3 buah Putih telur
75 g g Gula pasir
1 sdt Emulsifier (so/tbm)
75 g Tepung terigu protein sedang
50 g margarin

Cara Pengelahan :

isi:

  1. Panaskan margarin. Tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir. Tuang air kaldu ayam sedikit - sedikit sambil diaduk sampai licin
  2. Masukkan ayam suwir, buncis, wortel, garam, merica, pala bubuk dan gula pasir. Masak sampai kental. Tambahkan seledri. Aduk rata. Angkat dan dinginkan.

Cake:
  1. Kocok telur , gula pasir dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
  2. Masukkan margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  3. Tuang sedikit adonan kecetakan  ,uffin yang dioles margarin. beri isi. Tutup lagi dengan adonan. (aku langsung ke cup kertas dan aku tambahi parutan keju diatasnya)
  4. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat celsius
  5. Matang dan sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar