Senin, 24 Agustus 2015

Chiffon Cake Pandan



Sebelumnya aku sudah pernah buat chiffon cake. Tapi yang postingan dulu aku buat chiffon cakenya yang pisang. Kali ini aku buat yang rasa pandan. Untuk rasa pandan aku menggunakan pasta pandan.
Cake ini aku buat untuk hantaran pernikahan keponakan. Ini merupakan pernikahan pecah telor pertama. Pernikahan cucu yang pertama kali dari bani Wasil Mubarok.
Untuk melihat yang versi banana / pisang bisa dilihat disini.  Sementara versi pandan aku tulis lagi dech


Chiffon Cake 77 by Lynda Maitimu
Modifikasi oleh Dapur Kaylia

Bahan :


Bahan A
7 btr Putih telur
100 g Gula pasir
1/2 sdt Soda kue (bisa diskip)
1/2 sdt cream of tartar (aku ganti dengan 1/2 sdt air jeruk nipis)

Bahan B

7 btr Kuning telur
1/2 sdt vanili bubuk
50 g Gula pasir (aku pakek gula palem)

Bahan C

100 g Tepung terigu all purpose
20 g Maizena
20 g Susu bubuk
1/2 sdt Baking powder

Bahan D
100 g Minyak goreng
Pasta pandan secukupnya

Cara Membuat


  1. Kocok bahan A sampe mengembang dan putih (soft peak) tandanya jika dibalik tidak tumpah, sisihkan
  2. Kocok bahan B sampai mengembang dan pucat, jika sudah mengembang matikan mixer
  3. Masukkkan bahan C sedikit demi sedikit kealam bahan B dan bergantian masukkan bahan A, aduk perlahan dan tuang kembali sisa adonan sampai adonan habis. 
  4. Aduk adonan perlahan - lahan dengan menggunakan spatula sampai adonan tercampur rata
  5. Terakhir masukkan bahan D, dan aduk lagi sampai rata dan jangan sampai minyak tidak tercampur dengan baik serta masih mengendap di bawah
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang bongkar pasang, dengan diameter 22 - 24 cm (sebelumnya loyang tidak perlu dioles apapun dan aku masukkan kedalam oven selagi loyang masih kosong)
  7. Oven dengan suhu 170 derajat celcius selama kurang lebih 30 - 60  menit tergantung jenis ovennya
  8. Setelah matang balik loyang dengan diganjal botol biarkan sampe dingin kemudian lepaskan dari loyang

Selamat buat mas Adi sama mbak Arin, semoga bisa membina keluarga sakinah mawadah wa rohmah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar