Selasa, 22 April 2014

Belajar ngebento




Ngebento yuk……..




Bento, apa sich bento itu. Lagunya Iwan Fals itu ya. Bener tidak salah, tapi bento yang mau aku bahas disini itu bekal makanan dari jepang.Apa sich itu bento.
Bento adalah istilah bahasa jepang untuk bekal yang bias dibawa – bawa dalam kemasan praktis. Bento merupakan hidangan “one dish meal” yang berisikan menu makanan lengkap dengan nasi, lauk pauk dan sayuran. Biasanya bento juga dibentuk menjadi karakter – karakter (charaben) favorit dengan paduan warna yang beragam dan menarik buat anak – anak. Bisa berbentuk hewan maupun tokoh kartun kesayangan anak. 




 Bekal kakak sekolah nih "Bento Hello Kitty"ada ebi furrai melon sama cah sawi





 Kalau yang ini bentuknya koala ada martabak, mie, frozen food bentuk snail


Seiring perkembangan kuliner ini, kreasi bento box semakin diminati. Biasanya dengan bekal yang menarik, membuat anak – anak semakin menyukainya. Buat ibu – ibu yang anaknya susah makan kayak kakak nich membuat bento dengan karakter yang disukainya membuat dia jadi semangat makan
Apa saja yang diperlukan untuk membuat bento. Sebenarnya cukup pakai alat yang ada dirumah juga bisa kok. Kalau melihat bento tools yang beredar memang harganya sungguh menakjubkan. Tapi tidak perlu patah semangat hanya dengan plastik, gunting, pisau, talenan kita mampu kok menciptakan bento yang lucu. Dan tentu saja peran yang sangat penting yaitu imajinasi kita tentang bentuk atau tema apa yang akan kita sajikan.
Adapun sebenarnya bento tools itu antara lain :
1.    Rice mold
Rice mold itu pencetak nasi, kalau kita lihat yang pasaran yang beredar harga rice mold cukup mencenangkan. Yang paling murah itu sekitar 20 ribuan. Itupun biasanya buatan china. Namun kita dapat menggunakan alternative lain seperti cetakan puding, atau plastik (disini biasanya pakai plastic warp) atau biasa disebut hand mold
2.    Cutter
Cutter ini berfungsi untuk memotong sayuran, keju, daging ham ataupun telur dadar tipis (egg sheet) yang digunakan untuk menghias bento agar terlihat semakin cantik, biasanya berbentuk seperti bunga, hati, lingkaran oval, karakter hewan, huruf, angka atau yang lain yang banyak tersedia dipasaran. Alternatif alat yang bisa digunakan bisa cetakan kue kering, pisau atau sedotan.
3.    Nori puncher
Pemotong nori ini merupakan alat khusus yang tersedia di toko yang menjual peralatan bento . Alternatif pengganti kita bisa menggunakan gunting
4.    Food pick
Ini merupakan penusuk makanan kayak tusuk gigi gitu dengan warna dan bentuk yang bervariasi. Ini berguna untuk menghias bento kita kalau kita tidak punya ide, tinggal tusuk dengan bentuk tertentu n tara….. cantik dech
5.    Food devider
Agar menu tidak tercampur biasanya dipakai food devider ini. Kita dapat menggunakan mangkok cupcake atau kita pisahkan dengan sayuran seperti selada.
 Bento Minion tokoh kegemaran adek


 Bento Owl kakinya pakek telur puyuh gedhe ya kakinya


 Bento sumo lah ini ceritanya dengan lauk andalan nugget sama mieeee


Kira – kira alatnya lebih kurang seperti itu. Untuk menciptakan bento cantik dan menarik tetap kunci yang utama adalah imajinasi kita.


Selamat berimajinasi dan menuangkan dalam bento orang – orang terkasih kita."AYO BAWA BEKAL LEBIH SEHAT SERTA LEBIH HEIGENIS"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar