Senin, 09 Juni 2014

Serundeng Challenge#5 YMKM


Bulan juni ini group YMKM membuka challenge, Challengenya berthema "Coconut" alias Kelapa, jadi segala kreasi makanan dan minuman harus berbahan dasar utama Kelapa.Dan tentunya segala produk dari kelapa boleh dari daging kelapa, air kelapa, minyak kelapa, santan, dan lain sebagainya.
Sebenarnya banyak ide yang dapat dicoba. Pertama mau buat wingko asli babat (asli kampung halaman) tapi kakak bilang nanti siapa yang makan secara seisi rumah sudah bosan (keseringan lihat penampakan wingko kalau mbahbuknya buat kali ya). Ide selanjutnya es puter tapi untuk sementara ini tidak makan es - es dulu sebab seisi rumah lagi bapil. Akhirnya waktu ayah pulang kerja bawain tablid koki dan dibelakang ada resep serundeng akhirnya pilihan jatuh ke serundeng. Sebenarnya serundeng ini dulu pernah direquest kakak waktu makan nasi krawu. Kapan - kapan aku buatin kayak gini ya bu.... OK kakak sekarang utangnya ibu sudah lunas ya
Resep aku ambil dari tabloid koki edisi bulan juni. Tapi aku buat cuman dari setengah butir kelapa karena dirumah isinya cuman berempat mubadir kalau kebanyakan buatnya.

Serundeng Gurih by Tabloid Koki  

Bahan
 2 Kg Kelapa setengah tua parut kasar 
16 lbr Daun salam
30 lbr Daun jeruk
100 g Jahe, memarkan
200 g Lengkuas memarkan
6 sdt Garam
6 sdt Gula pasir
75 ml Air asam jawa
75 ml Minyak goreng

Bumbu Halus
150 g Bawang merah
75 g Bawang putih
16 buah Cabai merah
3 sdm Ketumbar bubuk
2 sdt Jintan bubuk
8 cm Kunyit bakar dan kupas

Cara Membuat
  1. Campur kelapa parut dengan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, gula pasir, garm. Tuang minyak goreng, aduk hingga rata.
  2. Sangrai serundeng di atas api kecil sambil diaduk hingga setengah kering. Tambahkan air asam jawa, aduk terus hingga kering. Angkat dan biarkan dingin. Sajikan 


Bener aja kakak suka. waktu sesi foto bolak balik tangannya ambil itu serundeng. Enak dimakan gini aja ya bu gurih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar