Senin, 16 Juni 2014

Topo Map Love Cake


Akhirnya keinginan untuk membuat cake ini terlaksana juga. Topo Map Love Cake kalau bahasa malaysianya Keik Alunan Kasih namanya unik itulah yang membuat aku pingin buat. Dikasih nama topo map karena cake ini bentuknya seperti lapisan kulit bumi. Bagi pemerhati pelajaran geografi dulu pasti tahu, sementara saya kurang perhatian dulu ya lupa - lupa ingat. Tapi seingatku memang mirip - mirip gitu. Sementara di beri nama keik untaian kasih karena lapisanya mengalun bergelombang.
Resep cake  ini aku ambil dari bloknya mbak hesti. ternyata membuat cake ini cukup sederhana yang membuat penasaran itu seperti apa nanti bentuk layer yang dihasilkan inilah yang membuat penasaran. Karena penasarannya tanpa menunggu agak dingin sudah aku balik sehingga sempat terbelah sehingga fotonya tinggal separuh aja yg terlihat. Waktu mengoven saya mencoba memasukkan air dicangkir katanya biar nanti cakenya tidak terlalu beremah ternyata memang benar tapi membuat proses pengovenan agak lama.

Topo Map Love Cake

Bahan :
250 g Butter
250 g Gula halus ( saya pakek gula pasir saya blender)
5 btr Telur
300 g Tepung terigu protein rendah + 1 sdt baking powder
125 g Susu evaporasi
1/2 sdt vanila bubuk
1 sdt pasta pandan
coklat bubuk untuk taburan

Cara Membuat
  1.  Panaskan oven dengan suhu 180 C , dan siapkan loyang 20 cm olesi dengan butter lalu taburi tepung terigu.
  2. Kocok butter dengan icing sugar sampai mengembang dan pucat dan tambahkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.
  3. Tambahkan separuh bagian terigu lalu turunkan kecepatan mixer ke speed rendah ,masukan susu cair kocok hingga rata,berikutnya masukan sisa terigu dan aduk,bagi dua adonan, yg satu bagian diberi vanilla dan yg satunya lagi diberi pandan pasta.
  4. Tuang separuh adonan putih lalu ratakan lalu ayak cokelat bubuk sampai seluruh permukaan tertutup cokelat. 
  5. Tuang 1/2 bagian adonan pandan lalu ratakan dan beri taburan coklat lagi , begitu selanjutnya dengan 2 sisa adonan berikutnya , yang terakhir tidak perlu diberi taburan cokelat bubuk.Sebelum dimasukan ke oven hentakan loyang agar gelembung udara yg terperangkap dalam adonan cake keluar.Panggang kurang lebih 45 menit atau hingga matang ,lakukan test tusuk gigi biar yakin cake sudah cukup masak atau tidak.

Cake ini rasanya emang butter banget. Tapi yang buat terkejut dan tersenyum senyum adalah melihat hasil layernya, dan saya puas tersenyum - senyum lihat layer saya. Selamat mencoba..... 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar