Senin, 14 Juli 2014

Kurtos Kalacs KBB#41



Untuk menjadi anggota dari KBB maka aku di haruskan untuk mengikuti tantangan dari klub. Tantangan yang harus diikuti yaitu KBB#41 dn KBB#42.  Maka waktu mendapatkan surat cinta dari klub aku harus memberanikan diri untuk menerima tantangannya.
Saat mendapatkan surat cinta kalau tantangannya Kurtos Kalacs, saya sempat bingung ini makanan dari mana dan jenis apa. Baru dengar kali ini. Akhirnya googling dan liat di you tube.
Untuk menghasilkan roti yang bentuk spiral maka adonan harus dililitkan dlam kayu dan diputar - putar dalam proses pemasakannya. Dari surat cinta instruksinya menggunakan rolling pin, tapi karena oven aku kecil akhirnya aku cari ide lain. Kebetulan di group sebelah ada yang memberi ide menggunakan cetakan lontong. Akhirnya beli cetakan lontong dan otak - atik oven bersama suami diputuskan untuk menggunakan cetakan lontong yang ditusukkan batang besi yang bisa untuk memasak ayam guling.

Kurtos Kalacs
Source: Kristy

Bahan:
500 gr   bread flour (tepung terigu protein tinggi)
200 mL  susu hangat
3 sdm    gula
2 sdm    ragi
2 btr     telur, kocok lepas
5 sdm    corn oil
1/3 sdt  garam

Cara:
Penyiapan alat:
- Rolling pin
  bungkus rolling pin dengan aluminium foil, lalu dibungkus dengan greaseproof paper
- Baking tray:
  siapkan baking tray ukuran lebih kecil dari rolling pin sebagai  tempat dudukan Rolling pin yang sudah
  disiapkan tsb di atas.  Siapkan klip kertas (paper clip) untuk penahan rolling pin
 cara diatas itu merupakan cara yang sudah diinstruksikan dalam group, tapi disini aku modifikasi dengan menggunakan cetakan lontong dengan cara seperti berikut:
Penyiapan alat versi Dapur Kaylia:
·        Siapakan cetakan lontong dan masukkan tusukan besi bawaan dari oven yang biasa digunakan memanggang ayam guling pada lubang penutup pada cetakan lontong
·        Laposi cetakan adi dengan menggunakan alumunium foil
·        Lumuri cetakan dengan minyak

Cara membuat Kurtos Kalacs:
1. Campur susu, gula dan ragi dalam mangkuk. Diamkan 5 menit hingga berbuih.
2. Di mangkuk berbeda, campur rata tepung dan garam.
3. Buat lubang di tengahnya, tambahkan minyak, telur, dan campuran susu.
4. Aduk rata, lalu uleni dengan tangan hingga lembut. Jangan tambahkan tepung jika adonan lengket. Tambahkan beberapa tetes minyak jika diperlukan.
5. Diam dan istirahatkan selama 1 jam atau hingga mengembang 2x lipat.
6. Pindahkan ke atas meja kerja (jangan tambahkan tepung di atas permukaan meja kerja). Uleni hingga lembut, dan dipotong menjadi 6 bagian.
7. Roll setiap bagian hingga menjadi sebuah string, lalu balutkan mengelilingi rolling spin yang sudah disiapkan. (cetakan lontong tadi)
8. Lalu agak digilas untuk menekan adonan. Tabur gula.
9. Letakkan di atas baking tray yg ukurannya lebih pendek dari rolling pin. (Letakkkan dalam oven pada tempat pemanggangan ayam guling). Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 190-200 oC. Putar rolling pin sesekali untuk meratakan warna kulit Kurtos. Sapu permukaan Kurtos dengan madu saat mulai setengah matang.
10. Setelah matang, lumuri permukaan Kurtos dengan topping sesuai selera.

 Untuk penyajian aku tidak menambah topping apa - apa karena rasanya rotinya sudah manis, dari gula dan madu. Disamping itu waktunya sudah mepet dengan bedug Magrib, Selamat Berbuka Semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar