Kamis, 19 Februari 2015

Sponge Cake ala Yongki Gunawan



Suami tercinta suatu hari cerita kalau dia dapet cake dari anak - anak di kantor. Deskripsinya kalau cakenya kayak spoge cake dan dikasih cream dan dikasih parutan keju. Dengan berbekal deskripsi itu akhirnya googling dan kok kecantol dengan sponge cake yang katanya cakenya lembut. 
Sponge cake Yongki ini ada dua versi. Versi pertama menggunakan 10 telur sedangkan versi ke duam menggunakan 15 telur. Bisa dilihat dari telurnya dapat dipastikan maka cake ini pasti lembut. Karena untuk percobaan awal aku pakek yang telur sedikit aja, yang pakek 10 telur dulu aja dech.  Jadi nanti kalau gagal nggak terlalu menangis bombai gitu. 
Sponge cake ini dapat dimodifikasi dengan menambahkan perasa apa aja. Bisa mocca, pandan ataupun coklat. Bisa juga resep ini dipakek untuk rainbow cake tinggal nanti konversi aja


SPONGE CAKE ALA YONGKI GUNAWAN


Bahan A:

10 butir Kuning telor
5 butir Putih telor
10 gram Emulsifier
150 gram Gula kastor
100 gram Tepung terigu protein sedang (Kunci Biru)
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Tepung maizena

Bahan B:

50 gram Hollman butter (aku pakek orchid butter)
50 gram Room butter   (aku pakek orchid butter)

50 gram Margarin
1 sdm Susu kental manis
Pasta (mocca, pandan dll sesuai selera aku tidak pakek)
 

Cara Membuat:
 

  1.  Kocok telur & gula hingg agak kental, masukkan emulsifier. Kocok hingga kental & mengembang.
  2.  Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena dengan cara diayak. Aduk balik dengan spatula.
  3.  Cairkan butter & margarin (jangan sampai mendidih supaya tidak daya ikatnya tidak rusak), angkat dari api, tambahkan susu kental manis, aduk.
  4. Tuang adonan B ke dalam adonan A, aduk balik.
  5. Bagi menjadi 2 atau 3 adonan (sesuai jumlah layer / lapis cake yang diinginkan). Tambahkan pasta sesuai selera.
  6. Tuang ke dalam loyang ukuran 22 tinggi 3-4 cm (loyang pendek).
  7. Panggang selama 18-20 menit di suhu 175 °C hingga bagian atasnya kuning matang dan adonan tidak basah lagi (gunakan tes tusuk gigi).

Dan memang cake ini lembut banget. Dari resep ini aku dapat cara baru dengan pengolahan lemak, yaitu dengan mencampur lemak dengan susu kental manis. Saya masih belum tahu perbedaan ini pengaruhnya bagaimana. Jadi sambil terus belajar nanti dicari - cari.
Menurut suami enak cakenya tapi masih beda sama yang dikantor. Jadi masih mencari resep yang lain. Kemungkinan mau coba bolu hongkong next time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar