Kamis, 26 Februari 2015

Japanese Cheese Cake


Dapat cream cheese dari keponakan yang kerja di pabrik susu, tapi ngendon dikulkas tak tersentuh. Bingung mau buat apa. Ternyata setelah melihat tanggal expnya kok sudah mendekati. Akhirnya putar - putar didunia maya dan pilihan jatuhnya ke japanese cheese cake.
Sebenarnya buat cake ini rada males. Disamping pengocokan putih telur yang rawan gagal, sistem pemanggangan yang pakek metode au baen marie yang rawan airnya rembes dan juga proses pemanggangan yang lama. Tapi apa daya hanya ini yang nyantol di hati.

Dulu pernah posting juga cheese cake, tapi yang dari keju cheedar, disini, Kali ini cheese cakenya tidak pakek cheedar tapi dengan menggunakan cream cheese (modal dikasih) sama whip cream. Ternyata hasilnya rada beda. Walaupun teksturya sama lembut kayak es cream tapi yang japanese cheese cake ini lebih halus rasa kejunya dan lebih creamy. Kalau aku yang tidak begitu suka keju lebih cocok yang ini dibanding dengan cheedar cheese cake.
Resep yang aku pakek yaitu cheese cake dari yasaboga. yang aku intip dari blognya mbak Ricke

Japanese Cheese Cake
Sumber Yasaboga

Bahan :

50 g Tepung terigu
50 g Tepung maizena
60 g Butter
250 g Cream cheese (biarkan pada suhu ruang)
120 ml Whip cream cair
3 btr Kuning telur
1 btr Telur utuh
5 btr Putih telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon
1/8 sdt garam
125 g Gula pasir
1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat:


  1. Siapkan loyang bulat ukuran diameter 20 cm atau 22 cm. Alasi kertas roti, olesi tipis mentega. Sisihkan. Pasang oven 150 derajat celcius. (aku pakek loyang ukuran 20X10X7 yang aku bungkus bagian bawah pakek alumunium foil ada kelebihan aku taruh di cup aluminium foil)
  2. Campur dan ayak terigu dan maizena. Sisihkan.
  3. Campur butter, cream cheese, dan whip cream. Panaskan diatas api kecil sambil diaduk rata sampai meleleh. Jangan terlalu lama ya, asal sudah leleh dan tercampur rata langsung angkat.
  4. Masukkan campuran terigu dan maizena. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan telur utuh. Aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon aduk rata. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai putih telur mengembang dan membentuk kerucut tumpul ketika mixer diangkat (soft peak).
  6. Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur (teknik pancingan), aduk rata sampai homogen. Tuang adonan ke loyang, panggang dg cara au bain marie (steam bake atau pemanggangan dg menggunakan loyang air) selama kurang lebih 75 menit atau sampai permukaan cake menjadi kuning/coklat keemasan (aku 90 menit itu saja maih tidak merata kuningnya). Diamkan sebentar dalam oven yang terbuka sedikit biar kuenya tidak terlalu kaget dan menciut kira- kira 10 menitan.
  7. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Bisa disajikan dengan ditopping tapi karena dirumah tidak ada stock apapun jadi tidak ditopping langsung makan aja
ada kemasan kecil karena tidak muat di loyang aku siapkan

Adek dengan arahan kakak fotonya sambil makan JCC jadi g fokus ke kamera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar