Kamis, 20 November 2014

Bolu kukus mambo pelangi


Setelah bulan oktober penuh dengan ulang tahun giliran bulan november ini adek ulang tahun. Tahun ini ulang tahunnya diliputi kesedihan karena pas hari ulang tahun adek sakit. Sehari sebelu ulang tahun adek badannya panas dan tiap apapun yang dimakan selalu dimuntahkan. Karena tidak ada yang masuk diperutnya akibatnya adek jadi lemes. Setelah ke dokter adik dibilagnya flu perut. Selama 4 hari adek sakit, rewel banget tidak bisa ditinggal apa - apa. Akhirnya cake ulang tahun yang diminta adek sebelumnya yang katanya minta cake angry bird ditunda sampe seminggu setelahnya.
Karena adek tidak suka dengan butter cream maka dibuatlah rainbow cake yang dikukus langsung setiap lapisnya. untuk hiasanya sesuai request aku pakai fondant yang aku bentuk angry bird merah kuning dan hijau serta tidak lupa si piggy.
Resep aku pakai bolu kukus mambo dari NCC tapi warnanya aku buat 6 lapis. aku pakai loyang 22X22X8. Karena belum pengalaman buat cake yang berlapis - lapis aku tidak rata membagi adonannya sehingga ketebalannya tidak sama. Harusnya ditimbang sama rata ya.

BOLU KUKUS MAMBO
By. Fatmah Bahalwan


 Bahan
6 buah Telur utuh
2 buah Kuning telur
250 gram Gula pasir
½ sdt Vanili bubuk
½ sdt Garam
1 sdt Cake emulsifier
175 ml Santan kental
200 gram Tepung terigu protein sedang
Pasta atau pewarna makanan secukupnya



Cara Membuat:


1. Siapkan loyang 22 x 22 x 8 cm , poles mentega, beri alas kertas roti ("parchment paper"), poles lagi, taburi sedikit tepung.
2. Panaskan dandang kukusan, biarkan beruap banyak.
3. Kocok telur, gula pasir, garam, cake emulsifier dan vanili hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata.
4. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
5. Bagi adonan menjadi 6 bagian, tiap bagian diberi pasta yang berbeda. Catatan: supaya tiap lapis tebalnya seimbang, gunakan timbangan digital untuk membagi adonan sehingga sama rata
6. Tuang adonan coklat ke dalam loyang, kukus selama 10 menit. Tuang adonan kuning, kukus selama 10 menit. Demikian seterusnya hingga adonan terakhir, kukus kembali selama 20 menit hingga matang. Angkat.
7. Dinginkan, keluarkan dari loyang, potong2.
8. Sajikan

suka banget cakenya jadi belum seminggu sembuh sudah ada pipi tumbem lagi

Alhamdulillah baru pertama kalinya buat cake kukus berhasil rasanya lega. Untuk cakenya rasanya lembut banget, adek sampe tidak berhenti - berhenti makannya. Selamat ulang tahun sayang tetep selalu jadi anak sholehah ya nak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar