Minggu, 30 November 2014

Roti Maryam (Challenge #7 YKMK)


Awal bulan Desember disambut dengan hujan sepanjang hari. Mulai dari subuh sampe sore, bahkan kemarin sampai malam. Tapi walaupun begitu tidk menyurutkan semangat menyelesaikan challenge dari YKMK yang sudah jauh hari diumumkan.
Challenge kali ini seputaran aneka roti, Semua boleh berkreasi dengan berbagai macam roti dengan ketentuan tidak boleh dengan isian coklat maupun keju, serta tidak boleh roti bun (buat burger). Sempat mau buat roti manis dengan isian pisang atau sosis tapi konsumen kecil (adek) aku tidak begitu suka. Akhirnya memutuskan untuk membuat roti maryam yang biasanya aku dan keluarga beli dalam bentuk frozen tinggal dipanasi dan ditaburi gula.
Untuk resep aku dapat dari group NCC Malang, resep dari ibu Farhana yang aku modifikasi caranya, karena kemarin waktu buat seuai resep aku kesusahan menipiskannya. Tapi walaupun kemarin buat tidak begitu berhasil karena kurang ada serabut - serabutnya tapi tetep habis juga. Tapi kali ini yang aku modifikasi bisa ada serabut - serabutnya dan kata kakak rasanya lebih enak karena bisa tipis

Roti Maryam ibu Farhana
modifikasi Dapur Kaylia
 
Bahan :

500g Tepung protein tinggi (aku pake cakra)
2 kuning telur kocok lepas
300ml susu (aku panaskan tidak perlu sampai mendidih)
250gr mentega,75gr mentega dicairkan untuk adonan, sisanya utk olesan
2 sendok makan minyak sayur
1/2 st garam
 minyak sayur secukupnya untuk olesan

Cara membuat:

  1. Campur tepung dan garam lalu buat lubang ditengah dan masukkan telur, minyak dan mentega cair aduk rata, kemudian tung susu hangat dan aduk dengan spatula setelah rata uleni dengan tangan hingga kalis.
  2. Bagi adonan seberat kurang lebih 55 g letakkan diatas loyang yang sudah dilumuri minyak dan tiap - tiap adonan olesi juga dengan minya kemudian diistirahatkan kurleb 2jam.
  3. Ambil satu bagian lalu gilas sampai tipis, tarik setipis mungkin spt membuat martabak. lalu olesi dengan mentega, ratakan.
  4. Gulung adonan dan tarik panjang.
  5. Kemudian dikonde dr kiri dan kanan dg arah yg berlawanan.
  6. Tumpuk kedua kondean yg bertemu. istirahatkan lagi kurleb 1jam. 
  7. Tipiskan seukuran piring kecil. 
  8. Panggang di atas teflon 

Roti Maryam bisa disimpan dalam frizzer kalau hendak makan tinggal dipanasi diatas teflon dan untuk toppingnya bisa dikasih apa aja,bisa gula, susu kental manis, pisang, keju ataupun messis. Tapi kalau di rumah cukup di taburi gula aja dimakan hangat - hangat pas lagi ujan gini sedaap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar