Senin, 04 Mei 2015

Bakpao


Sepulang sepupunya belajar buat bakpao dirumah, adek minta dbuatkan kayak sepupunya. akhirnya aku buat bakpao juga. Tapi kali ini sengaja aku bentuk - bentuk walaupun belum mulus tapi lumayan lucu untuk konsumsi sendiri. Ada berbagai bentuk dari panda, sapi dan juga lebah. 
Kemarin waktu sepupunya buat adek sangat pingin banget ikut - ikutan bentuk tapi karena bukan adonannya sendiri adek jadi terbatas. Tapi kali ini adonan milik sendiri maka adek bebas mau membentuk sesuka hati. 
Untuk resepnya aku pakek punyanya mbak diah didi. tapi aku tidak menggunakan putih telur, sementara yang lainnya sama pleg. Sementara isiannya aku pakek selai coklat, keju dan juga coklat putih yang ditambah oreo

Bakpao
by Diah Didi's Kitchen

Adonan kulit bakpao :
250 gram tepung terigu protein rendah
65 gram tepung tang mien
50 gram gula tepung
20 gram susu bubuk
6 gram (11/2 sendok teh) ragi instan
1/2 sendok teh baking powder
1 putih telur(aku tidak pakek)
150 ml air es
30 gram mentega putih
1/2 sendok teh garam

Isian
 Selai coklat, keju dan coklat putih cair yang ditambahkan oreo
 
Cara membuat :
 
  1. Campur tepung terigu, tepung tang mien, gula tepung, susu bubuk, ragi instan, dan baking powder. Aduk rata.
  2. Masukkan putih telur dan air es sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis.   Untuk yang bewarna tambahin beberapa tetes pewarna. Diamkan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing – masing 25 gram bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  4. Pipihkan adonan. Beri isi secukupnya. Bentuk bulat. Letakkan di atas kertas. Diamkan 40 menit sampai mengembang.
  5. Kukus 10 menit di atas api sedang sampai matang.

Dirumah seneng yang isian oreo. Dan karena dibentuk - bentuk karakter adek kalau makan bertahap dari matanya... hidungnya..... telinganya.... baru hap.... hap... hap... badannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar