Selasa, 28 Oktober 2014

Bolu Karakter (Bolu Mingkem)


Dulu sebelum punya blog aku sering banget bikin ini tapi waktu dulu lebih terkenal dengan sebutan apam dot - dot atau bolu mingkem. Nama apam dot - dot lebih terkenal di Malaysia dan untuk di Indonesia biasanya disebut dengan bolu mingkem. Sementara sekarang karena banyak makanan - makanan yang lucu - lucu akhirnya apam dot - dot ini sering dikresi dengan dilukis lucu - lucu dengan karakter film kartun kesukaan anak - anak. Diharapkan dengan dilukis manambah nilai jual juga.

Bolu ini kebalikan perlakuannya dengan bolu kukus ngakak. Karena diharapkan tidak ngakak alias mingkem maka sebaiknya telur maupun susu yang digunakan juga langsung dari kulkas. dan penempatan cetakan dalam kukusan dibuat agak rapat serta pengisian adonan dalam cetakan juga jangan terlalu penuh untuk mencegah agar bolu tidak ngakak. Untuk kekentalan adonan tidak perlu sampai bener - bener kental cukup sampai putih saja dan adonan masih bisa meluncur ke bawah.
Untuk resepnya aku pakai punyanya mbak Dian Cahya. Hasilnya empuk menul - menul. Sebenarnya bolu ini bagian tengahnya diisi dengan selai, Karena adek tidak suka selai jadinya bolu ini tidak aku isi.

Bolu Charakter (CharBol)
Sumber Dian Cahya

Bahan
140 g Tepung terigu protein rendah (Kunci biru)

1 ½   sdt Baking Powder
110 g Gula Halus
2 btr Telur
75 ml Susu cair (sebaiknya dingin)
1 sdt SP
Vanili

Cara Membuat :
Ayak tepung terigu, baking powder,vanili sisihkan
Kocok telur dan gula hingga  putih, tambahkan SP, Kocok Kembali sampe kental (tidak perlu sampai terlalu kental)
Masukkan tepung dan susu bergantian aduk  rata
Bagi adonan menjadi berbagai warna masukkan ke dalam pipping bag
Masukkan adonan [utih setinggi setengah cetakan tambahkan selai kemudian tutup dengan adonan lagi. (jangan terlalu penuh agar tidak merekah (ngakak)
Kemudian lukis atau hias sesuai dengan keinginan
Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 10 menit
Bolu siap disajikan


Karena buatnya bareng adek dan aku tidak pintar melukis jadinya bolunya dilukis suka - suka aja. Ada bentuk hello kitty, angry bird, minion. dan karena sdh tidak ada ide akhirnya motif polkadot muncul sebagai penutup. Yang pasti semua suka, kalau adek bilangnya "ini cupcake minion"



1 komentar: