Senin, 27 Oktober 2014

Brownies Pisang


Cuaca yang sangat panas, tidak mendukung sekali untuk baking. Kerjaan tiap hari hanya nyamil es yang seger sama mangga kiriman mbahbuk dari Babat. Tapi rasanya kering juga kalau tidak ada camilan, Sementara melirik toples juga semua toples tersimpan bersih di almari. Makanya membulatkan tekad berpanas - panas sebentar membuat brownies yang rencananya nanti dimakan bareng es.
Karena masih ada stock pisang di kulkas maka brownies kali ini kita padukan dengan pisang jadinya brownies pisang. Aku copas resepnya dari blongya mbak hesti.




Brownies Pisang
Sumber Hesti's Kitchen

Bahan:

150 g Dark Chocolate com[ount (DCC) cincang
125 g Gula pasir
 3 sdm Mentega
300 g Pisang ambon/Cavendish lumatkan dengan garpu
2 btr Telur ukuran besar
100 g Tepung terigu protein sedng
20 g Coklat bubuk
½ sdt Baking powder
½ sdt Vanila
½ sdt Garam

Cara Membuat

  1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang ukuran 20x20cm olesi dengan mentega dan alasi bagian dasarnya dengan kertas roti. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk, ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata. Sisihkan.  
  3. Siapkan mangkuk tahan panas (kaca atau alumunium), letakkan mangkuk diatas panci berisi air mendidih. Masukkan coklat blok ke mangkuk dan panaskan dengan api kecil menggunakan teknik double-boiler (tim) hingga coklat meleleh. Angkat dari api. 
  4. Aduk coklat dengan spatula balon hingga smooth, tambahkan gula pasir, mentega/margarine, dan vanilla ekstrak, aduk hingga semua bahan larut dan menjadi halus. Jika terlalu kental panaskan sebentar di panci berisi air mendidih hingga menjadi agak lumer. 
  5. Tuangkan coklat leleh ke dalam mangkuk yang agak besar, masukkan puree pisang ke dalamnya, aduk rata. Tambahkan telur kocok, pastikan coklat tidak panas saat menambahkan telur agar telur tidak matang. Aduk hingga adonan halus.
  6. Masukkan tepung dalam tiga tahapan, aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya.
  7. Panggang dalam oven selama 35-40 menit atau sampai brownies matang, lakukan tes tusuk. Angkat, dinginkan dalam rak kawat.

 Brownies ini walaupun dipanggang tapi teksturnya seperti cake yang dikukus, dengan aroma pisang yang dominan. Adek suka banget karena mirip cake kukus kesukaannya.

     

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar