Rabu, 08 Oktober 2014

Pao de Queijo


Sebenarnya ini buatnya sudah lama banget. Mau nulis di blog selalu saja ada kendala. Mulai dari adek aulia tidak mau diduakan sampai pekerjaan rumah yang selalu memanggil - manggil karena mbak yang bisa bantu - bantu tiba - tiba tidak datang lagi.
Pao de quijo ini tahu waktu baca postingan member NCC di FB. Dulu pernah makan waktu di roti boy. Karena rasanya yang sangat ngeju roti ini kesukaan kakak. Proses pembuatannya mirip dengan kue sus hanya yang membedakan adalah penggunaan tepungnya. Untuk pao de quijo ini menggunakan tepung sagu/ kanji jadi teksturnya kenyal molor gitu. Kayak cilok versi paggang dan berasa keju.
Resepnya aku ambil dari blognya mbak hesti. dan karena menggunakan telur kampung aku telurnya tambahi 1 butir lagi. Untuk proses pengadukannya aku menggunakan tenaga tangan tidak seperti mbak hesti yang menggunakan mixer spiral karena takut jebol mixerku


PAO DE QUIJO
sumber mbak Hesti's Kitchen

Bahan
220 g Tepung sagu (aku pakai tepung kanji tani)
186 g  Susu cair
70 g   Mentega
95 g   Keju parmesan (aku pakek 100 g keju edam)
2 btr Telur (aku pakek 3 btr telur ayam kampung)
3 g     Garam

 Cara Membuat
  1. Dalam Panci didihkan susu, mentega dan garam. Aduk rata
  2. Masukkan tepung sagu, aduk cepat dengan spatula hingga kalis
  3. Masukkan adonan ke dalam mangkok kocok. Tunggu sampai dingin
  4. Kocok dengan mixer cantolan spiralsambil masukkkan telur dan keju sedikit demi sedikitsampai adonan tercampur rata  (konsisten adonan lebih kental dari kue sus dan lengket)
  5. Bentuk diatas loyang dengan menggunakan plastik segi tiga atau scoop es creamatau bulatkan dengan tangan yang sudah dilumuri mentega (aku membentuknya menggunakan tangan)
  6. Panggang dengan suhu 180 derajat celcius hingga mengembang dan berwarna kecoklatan

Begitu matang aroma keju langsung menyelimuti dapur, begitu kakak pulang sekolah langsung dech comot 1 per 1 sampai nggak tau habis berapa. Bagi penggila keju pasti seneng banget dengan camilan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar