Kamis, 30 Oktober 2014

Sop Iga


Kali ini ingin posting tentang makanan. Berhubung waktu Idul Adha kemarin dapat iga setengah kilo. Maunya masakan yang sederhana aja, bumbunya sederhana saja karena aku ingin rasanya halus aja.
Biasanya aku ingin cepat empuk aku pakai panci presto. Kalau direbus pakai presto biasanya emang cepat tapi rasa kaldunya kurang terasa alias sepo. Makanya kali ini aku rebus pakai api kecil selama kurang lebih 3 jam. Hasilnya empuk dan rasa kaldunya terasa gurih. Jadi cukup dibumbui dengan bawang putih goreng dan biji pala aja rasanya sudah makyus.
Untuk menghilangkan lemaknya aku biarkan dingin sampai ada lemak yang mengapung dan lemak itu aku buang. aku rebus lagi sebentar dan aku diamkan hingga dingin sampi ada lemak yg mengapung lagi dan aku buang lemak itu. Aku ulangi ini sebanyak 2 kali hal ini lumayan buat menghilangkan lemak


Sop Iga

Bahan:
500 g Iga sapi Rebus sampai lunak
1,5 liter air untuk merebus
7 siung Bawang putih iris tipis dan goreng hingga garing
4 siung Bawang merah iris tipis goreng hingga garing
2 tangkai Seledri
3 buah Tomat ukuran sedang potong - potong
4 Bawang Daun iris tipis
1/2 btr Biji pala
merica
garam
gula

Pelengkap
Sambal
air jeruk nipis

Cara membuat
  1. Masak iga hingga empuk.
  2. Ukur kaldu hingga menjadi 1 liter
  3. Haluskan bawang putih goreng dan bawang merah goreng. Masukkkan kedalam kaldu
  4. Ikat sledri,  dan masukkan kedalam kaldu begitu juga dengan biji pala. Masak hingga matang
  5. Bumbui dengan garam merica serta gula hingga menghasulkan rasa yang pas
  6. Sajikan dengan menggunakan daun bawang dan tomat yang diiris.

Rasanya ringan dan segar karena ada irisan tomat ditambah lagi sebelum dimakan dikasih perasan air jeruk nipis, sehingga rasa terlalu banyak lemak jadi samar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar