Kamis, 08 Mei 2014

Kukis Hias Suka – Suka




Kelas VI tiga hari kedepan mulai senin sampe rabo ada ujuan akhir madrasah, jadi murid kelas I – V disuruh belajar mandiri di rumah masing – masing dengan pantauan orang tua. Biasanya kalau begini kakak akan diberi PR buanyak seperti minggu kemarin. Tapi kali ini ternyata kakak tidak diberi PR sama sekali. Ini berarti emaknya harus beri kegiatan supaya tidak terjadi perang antara kakak dan adek.  Setelah melalui diskusi diputuskan untuk membuat kukis hias. Emaknya yang buat kukisnya nanti kakak dan adek yang menghias pakek royal icing.
Praktek membuat kukis ini menyita waktu dan tenaga, sehingga rencana untuk meminimaliasi peperangan berhasil. Memang terjadi peperangan kecil karena adek yang mempora – porandakan adonan dan mencet royal icing sehingga belepotan kemana – mana.  Tapi melihat proses adek dan kakak belajar dan bekerja sama bisa merencanakan untuk baking lagi net time. Kalau ayah ikut juga kayaknya seru. Habiskan liburan baking bareng , makan bareng , bersih – bersih bareng  asyik kayaknya.
Resep saya ambil dari kukis hiasnya mbak Peni Respati dari blognya mbak Tanti disini.  Aku buatnya cuman setengah resep aja.


Butter cookies

bahan :
150 gram salted butter
150 gram margarine
350 gram terigu, sangrai dulu
2 kuning telur
25 gram maizena
25 gram susu bubuk fullcream
150 gram gula halus
1/2 sdt pasta vanilla


cara membuat :
aduk mentega, margarine & gula halus dengan spatula
adonan dimixer sekedar untuk meratakan, sebentaar aja
lalu masukkan kuning telur, aduk lagi dengan spatula
masukkan vanilla pasta, aduk lagi
masukkan tepung2an [maizena, susu bubuk & terigu] yang sudah diayak
aduk lagi sampe dirasa udah pas dicetak, pada tahap ini sah2 aja kalo menambahkan terigu, namun hati2 ya, masukkan sedikit2 saja & ditimbang agar nggak kebablasan :)) , cetak dan Panggang sampai matang.


Royal Icing
60 cc putih telur [kira-kira dari 2 btr telur]
225 gr gula halus, ayak dulu ya.
1 sdt cuka (saya gak pake, jd air jeruknya 2 sdt)
1 sdt air jeruk nipis

mikser putih telur & gula halus sampai kental
masukkan cuka, kocok lagi
masukkan air jeruk nipis, kocok lagi sampai rata.

bagi beberapa bagian, beri pewarna, kemudian langsung masukkan dalam piping bag, ikat erat.
icing siap digunakan untuk menghias kukis.
setelah dihias, kukis dipanggang lagi suhu 100 derajat celcius kurang lebih 10 menit, ini dilakukan untuk mematangkan icingnya.
tanda matangnya, icing sudah cukup set/mengeras.



Karena yang menghias putri - putri cantik, oleh sebab itu bentuknya ya cantik (kata emaknya). Mankanya diberi nama kukis hias suka - suka. GOOD JOB GIRLS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar