Selasa, 06 Mei 2014

Dadar Gulung Polkadot Isi PisCokKe



Kegiatan rutin weekend adalah membuat camilan untuk keluarga bekal liburan biar tidak banyak jajan diluar (modus emak - emak irit). Persedian bahan membuat banyak pilihan yang dibuat ada kecabah and wortel yang bisa dibuat ote - ote atau heci kegemaran suami. Tapi begitu lihat dikulkas ternyata ada pisang yang bernasib mengenaskan dengan kulit yang sudah berwarna hitam. 
Sebenarnya pisang ini sudah lebih dari seminggu aku dapat dari mertuanya adek. Jenis pisangnya katanya pisang agung. Waktu itu pisangnya masih keras kayak batu sampe - sampe kalau dipukulkan ke kepala bisa benjol. Seminggu berselang si pisang sudah mulai berwarna kuning ada bintik - bintik hitam. Berhubung kakak libur sekolah dan lama sudah tidak pulang kampung terlemparlah pisang itu ke kulkas. Setelah berlibur 3 hari buka kulkas ternyata si pisang sudah menghitam kulitnya. 
Katanya pisang ini enak dibuat pisang goreng, berhubung pingin sesuatu yang lain dan melihat postingan ibu - ibu NCC di group FB NCC ada dadar gulung polkadot isi vla coklat, muncul ide vlanya aku ganti dengan pisang diisi meses and keju (oleh - oleh mbahbuk dari umroh). 

Resep aku ambil dari bukunya Wied Harry " CAKE & KUE MANIS TANPA GULA, TANPA PEMANIS SINTESIS". Di situ isinya buah - buahan. Berikut resepnya

Pancake Gulung Polkadot  

Bahan :
1/2 sdm Coklat bubuk larutkan dengan 1 sdm air mendidih
 100 g Tepung terigu
3/4 sdt  Garam
250ml Susus cair tanpa lemak (aku pake susu UHT biasa)
1 btr Telur Kocok dengan garpu hingga rata
2 sdm minyak zaitun extra virgin (aku pake butter yang dilelehkan)
Isi :
Pisang yang sebelumnya digoreng  dengan sedikit minyak
meses 
keju

Cara Membuat:
Campur tepung dan garam, tambahkan susu sambil diaduk menggunakan pengaduk bentuk balon (whisk) hingga rata. Tambahkan telur dn minyak aduk rata. Sisihkan 50ml adonan , bubuhi larutan coklat , aduk rata
Panaskan wajan dadar berdiameter 13 cm diatas api sedang. Masukkan adonn coklat pada kantung segi tiga, gunting sedikit bagian ujungnya. Semprotkan ke wajan panas membentuk noda - noda acak. Tuang adonan putih membentuk dadar tipis. setelah masak angkat.
Penyelesaian : Ambil dadar taruh pisang bubuhi dengan meses dan keju lalu lipat gulung seperti amplop (seperti membuat lumpia)
Sajikan



Opini dari ayah and kakak tetep jempol enak buk....., kalau adek cuman makan dadarnya aja soalnya adek tidak suka pisang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar